• Jam Buka Toko: Jam 08.00 s/d 16.00 WIB
  • Status Order
  • Tlp: 0896-6874-3663
  • SMS/WA: 0896-6874-3663
  • Line : herbaljepara
  • BBM : D01EB745
  • pemesanan.herbal@gmail.com
Terpopuler:

Belanja Aman Di Marketplace Atau Toko Online?? Simak Yuk..

09 Agustus 2017 - Kategori Blog

Tips Belanja Aman – Sekarang belanja tidak perlu datang ke toko, cukup buka smartphone dan cari penjual di sana. Kamu tinggal pilih kunjungi situs toko online terpercaya atau pasar online terkenal seperti tokopedia.

Belanja di website atau di marketplace memiliki kekurangan dan kelebihan. Untuk keamanan dari penipuan keaslian barang, mending kamu belanja di situs toko online yang terpercaya. Untuk keamanan akan barang yang tidak dikirimkan mending kamu belanja di marketplace saja.

Jadilah pembeli yang pintar, jika anda membeli produk tentang kesehatan jangan belanja di marketplace. Hal ini karena obat kesehatan di marketplace banyak yang palsu, beda dengan di toko online. Jangan pertaruhkan kesehatan anda dengan hanya takut kehilangan uang.

Ayo kita bahas lebih rinci tentang kelebihan dan kekurangan belanja di toko online dan marketplace, baca baik-baik agar lebih jeli dalam belanja online. Berikut tips belanja aman dari kami dengan memilah antara marketplace dan toko online.

Lebih Dekat Dengan MarketPlace

Grafik peningkatan jual beli secara online di Indonesia meningkat sangat tajam sejak 5 tahun terakhir ini. Hal ini wajar terjadi karena murahnya pembelian Smartphone dan murahnya pembelian data internet. Belum lagi koneksi internet yang sangat bagus di perkotaan dan sudah lebih merata di seluruh pelosok pedesaan.

Berpindahnya masyarakat kita yang awalnya belanja dengan sistem COD ( face to face ) ke belanja  online juga dipengaruhi oleh kenyamanan dan kemudahan dalam belanja online. Pembeli tinggal cari di internet, begitu juga dengan penjual yang tinggal pasang gambar atau foto dan artikel di internet.

Kemudian beberapa tahun terakhir ini mulai muncullah para raksasa penguasa internet seperti tokopedia dan bukalapak. Mereka hadir sebagai penengah antara penjual dan pembeli.

Sistem Penjualan Dan Pembelian Di Marketplace

tips belanja aman,tips belanja online di facebook,cara bertransaksi online yang aman,tips belanja online di instagram,tips belanja online di lazada,tips belanja online agar tidak tertipu,belanja online aman dan terpercaya,cara belanja online yang baik dan benar,tips belanja online di tokopediaRaksasa pasar online seperti tokopedia dan bukalapak mempertemukan ratusan bahkan hampir ribuan penjual dan pembeli setiap harinya. Setidaknya terjadi ratusan transaksi dalam setiap harinya.

Tokopedia dan bukalapak ini menyediakan tempat berjualan, fasilitas pembelian, server untuk rekening bersama dan keluhan pelanggan.

Jadi perlu kamu ketahui bahwa tokopedia dan bukalapak tidak menjual produk mereka sendiri, mereka tidak memiliki stock produk sendiri, mereka hanya menyediakan fasilitas yang bisa digunakan untuk bertransaksi, berjualan dan berbelanja dengan cara mudah.

Tidak hanya itu, tokopedia sebagai contoh adalah perusahaan marketplace yang menjadi penengah antara pihak penjual dan pembeli untuk memastikan transaksi yang dilakukan benar-benar aman.

Cara kerja marketplace ini lebih diminati oleh masyarakat kita, terlebih mereka yang sebelumnya pernah tertipu atau calon pembeli yang masih was was takut barang yang mereka pesan tidak dikirim.

Kekurangan Belanja Di Marketplace

Berikut ini adalah kekurangan daripada berbelanja di marketplace:

  1. Interaksi antara penjual dan pembeli sangat kurang
  2. Penjual hanya fokus menjual tanpa perlu mengedukasi pembeli dan mengarahkan
  3. Marketplace yang ramai seperti tokopedia pasti banyak sekali penjual. Saking ramainya biasanya banyak penjual abal-abal atau penjual produk KW. Sebagai contoh suatu obat kesehatan wanita sedang moncer brandnya, saat itulah penjual abal-abal mulai beraksi. Penjual abal-abal akan menjual produk mereka dengan nama dan merk yang sama namun ternyata kualitasnya rendah karena ternyata produknya PALSU. Penjual produk palsu biasanya memiliki teknik marketing sekelas anak TK yaitu dengan menjual harga barang dengan lebih murah daripada produk yang original.
  4. Penjual di marketplace dengan mudah menipu kamu, seperti di atas mereka cuma nimbrung brand yang dibangun orang lain. Mereka tinggal duplikat dan tanpa susah payah membangun brand produk, kalau sudah seperti ini siapa yang paling dirugikan? Tidak lain tidak bukan adalah PEMBELI.
  5. Penjual di marketplace kebanyakan adalah reseller atau agen, jadi dia tidak bertanggung jawab pada khasiat kegunaan produk atau juga kerusakan barang.
  6. Kalau kamu adalah pembeli barang yang jarang dibeli secara umum. Kamu akan kesulitan mendapatkan gambaran lebih rinci. Sehingga tidak jarang kamu akan tertipu dengan kiriman barang yang tidak sesuai dengan yang kamu inginkan.
  7. Kamu akan kesulitan membandingkan barang yang asli denga palsu karena minimya interaksi antara kamu dengan penjual.

Kelebihan Berbelanja Di Marketplace

Berikut ini adalah kelebihan daripada berbelanja di marketplace:

  1. Semua dilayani oleh mesin dan server dari marketplace.
  2. Proses belanja sangat cepat, pembayaran bisa dilakukan di rumah jika anda memiliki saldo di tokopedia. Tinggal klik dan proses belanja kamu selesai, tinggal tunggu barang sampai.
  3. Uang yang anda bayarkan tidak akan bisa diterima oleh pembeli jika kamu belum menyatakan kalau proses pembelian telah selesai. Ketika barang sampai dan barang tidak sesuai pesanan maka kamu bisa ajukan komplain dan barang anda bisa dikembalikan. Uang kamu juga kembali sepenuhnya karena barang tidak sesuai pesanan.

Lalu bagaimana kelebihan dan kekurangan dari belanja di toko online? Mari kita pahami bersama tips belanja aman di toko online setelah membaca kekurangan dan kelebihannya.

Mengenal Belanja Di Toko Online

tips belanja aman,tips belanja online di facebook,cara bertransaksi online yang aman,tips belanja online di instagram,tips belanja online di lazada,tips belanja online agar tidak tertipu,belanja online aman dan terpercaya,cara belanja online yang baik dan benar,tips belanja online di tokopedia

Perlu diketahui bahwa membangun toko online tidaklah mudah, perlu mendatangkan ahli desain gambar, membiayai penulis artikel dan menggaji Customer Service untuk komonikasi lisan dengan calon pembeli.

IT bagian desain bertanggung jawab mendesain produk sedemikian rupa agar diminati oleh pembeli, berikut harus menjadi ahli internet marketing agar tulisan yang ditulis penulis menang dalam pencarian kata kunci di Google. Melihat pembiayaan yang dibutuhkan oleh toko online, sangat sulit adanya untuk melakukan penipuan karena mereka sangat menjaga reputasi atau nama baik.

Tingkat kesulitan dan mahalnya biaya perawatan sebuah website menjadikan banyak penjual produk tidak berani terjun di penjualan via situs toko online. Mereka lebih memilih berjualan di marketplace saja yang lebih mudah dan murah.

Toko online juga memberikan layanan berupa seorang ahli dalam bidang masalah produk yang ditawarkan. Dan menyajikan edukasi artikel yang bisa membantu calon pembeli untuk memahami karakter produk yang akan dibeli.

Kekurangan Dari Belanja Di Toko Online

Berikut kekurangan dari belanja di toko online:

  1. Sistem pelayanan masih dilayani oleh Sumber Daya Manusia, bukan oleh mesin yang setiap saat merespon pesanan calon pembeli. Akibatnya calon pembeli biasanya terkatung-katung tidak mendapatkan respon di jam-jam tertentu.
  2. Pembeli harus mengirimkan bukti pembayaran ke Customer, baru proses pengiriman barang bisa dilakukan.

Lalu adakah keunggulan daripada penjualan di toko online?? berikut adalah kelebihan yang akan kamu dapatkan jika kamu belanja di toko online.

Kelebihan Belanja Di Toko Online

  1. Penjual toko online akan berusaha menjalin hubungan baik dengan pembeli, mereka akan menjadi mitra bukan hanya sebagai penjual yang ingin mendapatkan keuntungan saja. Penjual mengedukasi pengunjung dengan artikel-artikel menarik yang bisa menambah wawasan pengunjung. Setelah pembeli selesai transaksi, pembeli bisa ikuti sosial media milik penjual sehingga hubungan emosional penjual dan pembeli tidak hilang begitu saja.
  2. Jika ada keluhan tentang produk, mereka lebih bertanggung jawab dan lebih bisa memberikan solusi untuk kebaikan pembeli. Ada juga penjual yang menyediakan konsultasi 24 jam, guna memberikan layanan bagi para pembeli. Mereka menjadikan pembeli sebagai raja yang semestinya.
  3. Penjual toko online memiliki produk produksi sendiri, sehingga kualitas barang yang dijual lebih mudah dikontrol.
  4. Deskripsi produk lebih detail dan banyak referensi artikel pendukung, belum lagi dipersilahkan secara luas untuk bertanya kepada Customer. Hal ini menjadikan kamu lebih bisa memahami produk yang akan kamu beli.
  5. Dengan mudah kamu bisa mengunjungi toko mereka, karena mereka memiliki nama toko sendiri tidak gabung dengan pemilik marketplace.
  6. Persaingan di penjualan via toko online lebih sehat, tidak menjadikan pembeli sebagai korban sistem pemaran.
  7. Sangat tepat untuk kamu yang ingin belanja barang-barang yang tidak jarang dimiliki orang lain, sangat cocok untuk berlangganan ( ada diskon untuk pelanggan ).

Tips Belanja Aman nya

  1. Ternyata toko online lebih aman dari dari pemalsuan produk dibanding dengan belanja di marketplace. Tips belanja amannya, kamu lebih baik memilih pembelian produk yang jarang dibeli di toko online saja daripada di marketplace.
  2. Kalau kamu ingin belanja online di toko online, pilihlah toko online yang berani menyertakan alamat lengkapnya pada situs toko onlinenya. Dan pilihlah toko online yang direkomendasikan oleh teman atau orang lain.
  3. Dan kalau kamu ingin berbelanja di marketplace, pilihlah marketplace yang memiliki reputasi baik, penjualannya banyak, dan lihat pula bagaimana penilaian marketplace nya dari para pembeli sebelumnya.
  4. Terakhir jika kami ingin membeli di marketplace, pilihlah marketplace yang direkomendasikan oleh toko online resminya. Untuk menghindari produk palsu.

Semoga tips belanja aman di internet ini bermanfaat bagi pembaca agar tidak tertipu dengan maraknya pemalsuan produk. Ikuti selalu update artikel di memperbanyaksperma.com.

 

Facebook Comments

Tags: , , , , , , , ,

Comments are closed.