• Jam Buka Toko: Jam 08.00 s/d 16.00 WIB
  • Status Order
  • Tlp: 0896-6874-3663
  • SMS/WA: 0896-6874-3663
  • Line : herbaljepara
  • BBM : D01EB745
  • pemesanan.herbal@gmail.com
Terpopuler:

10 Penyakit Ini Adalah Penyebab Jumlah Sperma Sedikit Loh….

05 Mei 2017 - Kategori Blog

penyebab jumlah sperma sedikit,sperma keluar sedikit apakah bisa hamil,akibat kekurangan air mani,jumlah sperma normal saat ejakulasi,cara mengatasi sperma sedikit,cara meningkatkan jumlah sperma,produksi sperma setiap hari,jumlah sperma yang sehat,waktu produksi spermaPenyebab Jumlah Sperma Sedikit- Bisa disebut normal sebuah air sperma jika dalam satu sendok teh air sperma mengandung ratusan sel sperma yang hidup. Terkadang jenis penyakit yang diderita seseorang lah yang menjadikan jumlah sel sperma dalam air mani menjadi sedikit.

Jumlah sperma yang sedikit dalam ilmu kedokteran lebih dikenal dengan istilah Oligospermia, Oligospermia yang diderita seseorang bisa dibuktikan dengan uji laboratorium.

Air mani atau Semen sendiri adalah cairan tubuh yang disekresikan oleh gonad pria atau jantan. Air mani ini mengandung sel sperma, frutkosa dan enzim lainnya yang membantu sperma untuk bertahan hidup serta memfasilitasi pembuahan agar berakhir pada kehamilan.

Semen atau Air Mani melewati saluran ejakulasi dan bercampur dengan cairan dari Vesikula Seminalis, Kelenjar Cowper dan Prostat. Saat melewati Vesikula seminalis, Air semen dibentuk menjadi cairan yang kental dan kaya akan frutkosa. Inilah yang membentuk lebihd dari 60-70 persen dari komposisi air mani.

Tahukah anda bahwa warna putih pada air mani itu berasal dari sekresi prostat yang mengandung Enzim, Asam sitrat, Lipid dan Asam Fosfatase. Inilah yang membentuk sekitar 25-30 persen dari komposisi air mani.

Perlu anda ketahui bahwa setiap pria ejakulasi (mengeluarkan sperma) sebanyak satu sendok teh, maka normalnya cairan mani tersebut mengandung 200-500 juta sel jantan ( spermatozoa ). Ini membentuk sekitar 2-5 persen dari komposisi semen.

Oleh karenanya produksi sperma melalui proses yang kompleks dan memerlukan fungsi normal dari organ testis , hipotalamus dan kelenjar hipofisis. Hipofisis adalah organ dalam otak penghasil hormon yang memicu produksi sperma.

Proses pembuatan sperma dimulai di testis, tabung kecil mengangkutnya sampai bercampur dengan air mani dan dikeluarkan oleh penis. Jika ada masalah dalam proses di atas maka hal tersebut akan mempengaruhi produksi sperma, yang meliputi sperma abnormal (morfologi) atau pergerakan sperma (motilitas).

Penyakit-Penyakit dibawah ini bukan hanya mempengaruhi kualitas sperma saja, akan tetapi juga mempengaruhi Kuantitas dari air sperma itu sendiri.

Dan setidaknya ada 10 jenis penyakit yang bisa menjadi penyebab jumlah sperma sedikit, seperti yang kami lansir dari Mayo Clinic Senin (8/12).

Berikut Adalah 10 Penyakit Penyebab Jumlah Sperma Sedikit

1.  Varikokel

Penyakit ini adalah pembengkakan pada pembuluh darah yang mengalir ke testis entah disebabkan karena infeksi tau kolestrol yang menempel pada pembuluh darah.

2. Penyakit Celiac

Penyakit ini dapat menyebabkan infertilitas bagi pria. Penyakit ini terjadi akibat terjadinya gangguan pencernaan yang disebabkan oleh kepekaan terhadap gluten. Namun kesuburan tetap bisa membaik setelah yang bersangkutan mengadopsi diet bebas gluten.

3. Infeksi

Beberapa jenis infeksi yang ada dalam tubuh bisa mengurangi tingkat kesuburan sperma dan produksinya.

Infeksi juga bisa menyebabkan terjadinya jaringan parut yang menghalangi sperma. Contohnya adalah infeksi menular seksual seperti klamidia, gonore dan prostatitis. Prostatitis adalah meradangnya testis karena gondongan (mups Orchitis).

Selain itu ada juga infeksi yang bisa menggangu produksi sperma serta menurunkan kualitas sperma, seperti infeksi saluran kemih atu organ reproduksi.

4. Cacat kromosom

Penyakit ke tiga yang menjadi penyebab jumlah sperma sedikit adalah Kromosom. Gangguan genetik seperti sindrom Klinefelter, yang mana pria lahir dengan dua kromosom X dan satu kromosom Y sehingga menyebabkan perkembangan abnormal dari organ reproduksi laki-laki. Padahal seharusnya pria memliki satu kromosom x dan satu kromosom Y.

Gangguan keturunan lain yang terkait dengan infertilitas termasuk adalah Cystic fibrosis, sindrom Kallmann, sindrom Young dan sindrom Kartagener.

5. Penyakit Retrograde Ejaculation

Penyakit ini terjadi ketika air sperma memasuki kandung kemih selama orgasme, bukan muncul dari ujung penis. Penyebab dari Retrograde Ejaculation banyak sekali, seperti penyakit Diabetes, cidera tulang belakang, Operasi kandung kemih, prostat atau uretra.

Banyaknyak konsumsi obat-obat tertentu juga bisa menyebabkan Retrograde Ejaculation, contohnya adalah obat tekanan darah yang disebut dengan Alpha Blocker. Bahkan dalam berbagai kasus, pria yang memiliki cidera tulang belakang sulit untuk mengejakulasikan sperma meski dia tetap bisa memproduksi sperma.

6. Terjajadi Cacat Saluran Sperma

Penyakit ini terjadi akibat tabung yang membawa sperma bisa rusak oleh cidera atau penyakit. Ada pria yang terlahir dengan sumbatan di bagian testis yang menyimpan sperma ( epidimis ) atau penyumbatan dari salah satu tabung yang membawa sperma dari testis.

Pria yang terlahir tanpa saluran sperma dan pria deggan fibrosis kistik juga akan sulit membuahi rahim wanita.

7. Antibodi yang Malah Menyerang Sperma

Hal ini terjadi ketika antibodi atau sel-sel kekebalan tubuh yang keliru mengidentifikasi sperma sebagai penyerbu berbahaya, yang akhirnya sel-sel tersebut berusaha menghancurkan sperma. Kondisi ini bisa terjadi pada pria yang pernah menjalani yang namanya vesektomi.

8. Hormon Tidak Seimbang

Yang bertugas untuk membuat hormon yang dibutuhkan oleh sperma adalah Hipotalamus, Hipofisis dan testis. Perubahan pada hormon ini serta dari sistem lain seperti tiroid dan adrenal lah yang dapat mengganggu produksi sperma.

penyebab jumlah sperma sedikit,sperma keluar sedikit apakah bisa hamil,akibat kekurangan air mani,jumlah sperma normal saat ejakulasi,cara mengatasi sperma sedikit,cara meningkatkan jumlah sperma,produksi sperma setiap hari,jumlah sperma yang sehat,waktu produksi sperma

Konsumsi buah atau obat untuk memperbanyak sperma juga penting dilakukan untuk menanggulangi dan mengobati masalah kesehatan sperma yang disebabkan oleh hormon yang tidak seimbang.

9. Penyakit Tumor

Penyakit berbahaya ini bukan hanya menyerang organ tubuh saja, akan tetapi juga bisa menyerang kinerja kerja kelenjar yang dibutuhkan oleh proses reproduksi.

Kelenjar Hipofisis yang terkena tumor bisa langsung berimbas pada produksi sperma atau berimbas pada kesuburan sperma meski tidak sepenuhnya kasus ini terjadi dan berimbas.

10. Testis Tidak Turun

Penyebab Jumlah Sperma sedikit yang terakhir adalah tidak turunnya testis. Terkadang ada pria yang memiliki kekurangan saat lahir, atau bisa disebut dengan cacat lahir. Cacat lahir yang bisa mempengarhui produksi sperma adalah tidak turunnya testis ke dalam kantong Skrotum.

Itulah 10 penyakit yang menjadi penyebab jumlah sperma sedikit, semoga bisa membantu anda untuk menyelesaikan masalah ketidaksuburan. Sekian dan terima kasih.

Facebook Comments

Tags: , , , , , , , ,

Comments are closed.